Mengajarkan kemandirian sejak dini
Bunda mengajarkan kemandirian sejak dini adalah hal yang sangat penting untuk bekal anak saat mereka dewasa
mengajarkan kemandirian adalah bukan karena kita merasa tidak mampu mengerjakan tugas mereka tetapi justru hal ini membuat anak akan merasa peraya diri karena sudah diberi kepercayaan untuk melakukan hal hal yang orang tua mereka lakukan
mengajarkan kemandirian adalah bukan karena kita merasa tidak mampu mengerjakan tugas mereka tetapi justru hal ini membuat anak akan merasa peraya diri karena sudah diberi kepercayaan untuk melakukan hal hal yang orang tua mereka lakukan
Kemandirian perlu diajarkan pada anak. Tanpa diajarkan, anak-anak tidak akan mengetahui bagaimana harus membantu dirinya sendiri. Anak-anak yang tidak dilatih mandiri sejak usia dini akan menjadi individu yang tergantung sampai ia remaja bahkan dewasa nanti. Bila kemampuan-kemampuan yang seharusnya sudah dikuasai anak pada usia tertentu dan anak belum mau melakukan, maka si anak bisa dikategorikan sebagai anak yang tidak mandiri.
Kemandirian anak ditandai dengan adanya kemampuan untuk melakukan aktivitas sederhana sehari-hari. Kemandirian akan dicapai oleh anak melalui proses belajar atau pendidikan. Faktor pendidikan orang tua terhadap anak serta hubungan orang tua dengan anak adalah faktor yang mendasari perkembangan kemandirian anak. Pendidikan orang tua yang menghambat perkembangan kemandirian perlu diintervensi sejak dini. Intervensi dini ini adalah salah satu fungsi sekolah. Program prasekolah saat ini mencakup pengasuhan anak dari pagi sampai siang hari (half day) atau sampai sore hari (full day).
Pengasuhan anak pada masa prasekolah kemungkinan akan berdampak bagi proses pembiasaan anak mencapai perkembangan kemandirian. Program kegiatan belajar di prasekolah seharusnya menanamkan dan menumbuhkan pentingnya pembinaan perilaku dan sikap yang dapat dilakukan melalui pembiasaan yang baik sejak dini agar anak tumbuh menjadi pribadi yang matang dan mandiri serta kebiasaan disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, pendidikan prasekolah harus dikembalikan kepada kepentingan anak itu sendiri dengan prinsip the best interest of the child. Suasana bermain yang menyenangkan, memahami anak secara individual, menciptakan suasana kreatif yang memungkinkan anak dapat mengekspresikan berbagai gagasannya secara bebas, semua ini adalah suasana yang kondusif bagi proses tumbuh kembang anak secara optimal
#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju
Komentar
Posting Komentar